Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Cuaca Panas Warga Kasongan Mulai Bakar Lahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Juni 2019 - 09:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah beberapa hari terakhir langit di Kabupaten Katingan cerah tidak lagi diguyur hujan. Akibatnya, sebagian warga Kasongan dan sekitarnya memanfaatkan pembersihan lahan dengan cara dibakar.

Dari pantauan, warga yang membakar lahan itu rata-rata skala kecil. Seperti beberapa petani di Kereng Humbang yang membakar rumput kering yang sebelumnya telah dikumpulkan terlebih dahulu. Sehingga saat tumpukan rumput kering habis terbakar, api tidak merembet ke lahan sekitar. 

Kobaran api juga tidak membakar tanah, sebab tanah di wilayah ini tidak bergambut.

Sejumlah pemilik lahan mengaku membakar merupakan kebiasaan untuk pembersihan lahan yang kemudian ditanami berbagai tanaman seperti sayuran dan lainnya.

Cuaca yang panas juga menyebabkan sebagian semak belukar mulai mengering, terutama yang sudah ditebas atau dibersihkan oleh pemiliknya.

Sementara itu, masalah larangan membakar lahan saat musim kemarau menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Pasalnya, dengan ada larangan ini seharusnya pemerintah juga harus memikirkan solusi agar masyarakat atau petani yang ingin membuka atau membersihkan lahannya tetap menggarap tanpa diliputi rasa was-was.

"Seharusnya larangan membakar lahan itu juga harus dibarengi dengan solusi agar warga tetap bisa membersihkan lahan dengan aman," ujar salah seorang warga Kasongan, Dodi. (ABDUL GOFUR/B-2).

Berita Terbaru