Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Perencanaan Anggaran

  • Oleh Norhasanah
  • 25 Juni 2019 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara berupaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas perencanaan serta penganggaran belanja APBD.

"Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perencanaan pemerintah daerah juga telah menggunakan aplikasi E-Planning serta akan menyusun dan melaksanakan Analisis Standar Belanja (ABS)," ucap Bupati Sukamara Windu Subagio, Selasa, 24 Juni 2019.

Menurut Windu, program serta perencanaan infrastruktur khususnya pembangunan jalan dan jembatan akan dilakukan pada skala prioritas yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat.

"Selain itu, berdasarkan pengalaman 2018 terkait tidak terlaksananya APBD perubahan, pemerintah daerah tahun 2019 telah menyusun tahapan pengelolaan APBD proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, bertanggungjawab dan pengawasan baik APBD murini tahun 2020 maupun tahapan penyusunan APBD perubahan 2019," jelasnya.

Sebelumnya, Fraksi Bintang Pembangunan DPRD Sukamara meminta agar bupati dan dinas terkait selalu memonitoring terhadap percepatan, perencanaan dan penyusunan, baik APBD perubahan maupun APBD murni.

"Selain itu, efisiensi dan efektivitas anggaran dilakukan pada saat perencanaan anggaran. Pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan agar betul-betul tepat sasaran dan menjawab problematika yang lebih ril, terutama infrastruktur di perdesaan," tukas Abdus Samat.

Dalam kesempatan itu pula, Abdus Samat juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas keberhasilan meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengucalian (WTP).

"Semoga prestasi ini berdampak positif dan dirasakan hasilnya oleh masyarakat atas pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilakukan," harap Abdus Samat. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru