Ini Tanda dan Gejala Rabies pada Hewan

  • Oleh Magang 1
  • 25 Juni 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth mengatakan ada sejumlah tanda dan gejala rabies pada hewan.

“Untuk rabies bentuk ganas, hewan sangat ganas, gelisah dan hiperaktif, lalu hewan bersembunyi di tempat gelap dan dingin, serta nafsu makan berkurang,” ujarnya saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa, 25 Juni 2019.

Masih rabies bentuk ganas, gejala lainnya adalah hewan lebih sensitif terhadap suara dan cahaya, memakan benda asing seperti batu atau kayu, serta hewan mengalami lumpuh, kejang, diakhiri kematian.

Untuk gejala rabies bentuk tenang, tandanya adalah air liur hewan berlebihan, suara hewan berubah menjadi parau, kelumpuhan di wajah dan rahang bawah, serta lumpuh, kejang, diakhiri kematian.

Sedangkan gejala pada manusia yakni pada stadium awal, biasanya rabies sulit untuk diketahui. Yang perlu diperhatikan adanya riwayat gigitan hewan penular rabies.

“Stadium awal didahului dengan sakit kepala, lesu, mual, nafsu makan menurun, gelisah da nyeri di bekas luka gigitan,” timpalnya.

Sedangkan gejala pada manusia yakni pada stadium akhir adalah muncul ketakutan pada air, udara dan cahaya. Selain itu, air liur dan air mata keluar secara berlebihan, kejang-kejang, kelumpuhan dan diakhiri kematian. (MAGANG 1/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru