Ikut Palangka Expo Rutan Palangka Raya Genjot Warga Binaan

  • Oleh Agus Priyono
  • 25 Juni 2019 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rumah Tahanan atau Rutan Kelas IIA Palangka Raya menggenjot para warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang terlibat aktif dalam kegiatan kerajinan tangan untuk bisa mengikuti Palangka Expo yang rencananya digelar Agustus mendatang.

Kepala Rutan Kelas II A Palangka Raya, Akhmad Zaenal Fikri, melalui Kasubsi Bimbingan Kegiatan, Erik Sitohang, mengatakan, jika untuk saat ini produk unggulan yang akan ditampilkan oleh pihak Rutan masih berupa kerajinan getah nyatu.

"Kami sedang melakukan persiapan untuk pameran itu. Jadi warga binaan ini terus kita latih memperbagus hasil kerajinan tangannya. Selain untuk dijual tentunya," ujar Erik, Selasa, 25 Juni 2019.

Selain itu, Antoni salah satu warga binaan Rutan Kelas IIA Palangka Raya mengatakan, jika dirinya mengaku senang mengkuti program bimbingan sberupa kerajinan tangan seperti ini. Lantaran, selain bisa menjadi bekal setelah selesai menjalani masa hukuman, dirinya juga bisa berkreativitas.

"Senang bisa seperti ini, bisa dapat ilmunya, dapat uang, juga bisa menuangkan kreatifitas disini," ujar Antoni.

Ia mengatakan, kesulitan yang terasa adalah saat proses pewarnaan karena harus diulang-ulang, selain itu, bahan baku getah yang tidak banyak dan tenaga kerja untuk melakuan pembuatan kerajinan tangan itu.

"Kesulitannya tidak begitu terasa, hanya pada prosesnya yang panjang, kemudian bahan baku. Kami dalam pengerjaan kerajinan gentah nyatu hanya empat orang saja yang ikut, dan pengerjaan tiap orang dapat menyelasaikan satu produk kerajinan dalam dua hari" jelasnya. (AGUS/B-5)

Berita Terbaru