Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tidore Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Pesan Bupati Gunung Mas untuk Anggota BPD

  • Oleh Magang 1
  • 26 Juni 2019 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sejumlah anggota badan permusyawaratan desa (BPD) yang berasal dari desa di Kecamatan Rungan Hulu dan Rungan Barat diresmikan, Selasa, 25 Juni 2019.

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing berpesan kepada anggota BPD, agar selalu ingat terhadap sumpah/janji yang diucapkan.

“Tujuan dibentuknya BPD guna mendorong terciptanya kerjasama yang harmonis, serta tidak berlawanan dalam menentukan pengambilan kebijakan di desa,” ujarnya.

Pengambil kebijakan yang dimaksud adalah antara kepala desa sebagai kepala pemerintahan desa, dan BPD yang merupakan wakil-wakil rakyat di desa, sebagai penyeimbang.

BPD diharapkan menjadi wadah politik baru bagi warga desa dan membangun tradisi demokrasi. Sekaligus sebagai lembaga yang mempunyai fungsi sebagai kontrol dan pengawasan dalam setiap pembuatan kebijakan publik di tingkat desa.

Dia juga menyampaikan harapannya agar BPD dapat berperan aktif dalam membangun desa, bersama-sama dengan kepala desa dan masyarakat.

“Teruslah belajar dan lakukan koordinasi, mengingat peraturan perundangan yang terkait dengan desa selalu berubah untuk arah yang lebih baik. Milikilah hati yang melayani tanpa pamrih,” ucapnya. (MAGANG 1/B-11)

Berita Terbaru