Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Sesalkan Aksi Oknum Buang Sampah Ke Sungai Mentaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Juni 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aksi sejumlah warga di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), masih terjadi. Masyarakat pun menyesalkan dan mengeluhkan aksi warga yang terkesan tidak peduli dengan kebersihan sungai tersebut.

"Sudah sering kami lihat sejumlah masyarakat yang membuang sampah ke Sungai Mentaya. Itu hampir setiap hari terjadi," kata Sabirin, warga di Mentaya Hilir Selatan, Rabu, 26 Juni 2019.

Sampah yang dibuang tidak hanya dalam jumlah sedikit. Ada yang dibawa menggunakan gerobak, dan sampah yang dibawa dengan menghunakan kantong kresek langsung dibuang ke sungai. 

"Aksi ini sering terlihat di dermaga samping pusat perbelanjaan di Samuda, tidak ada yang menegurnya. Bahkan dari pihak terkait di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan juga tidak menegur," kata Sabirin.

Hal itupun sangat disayangkan oleh masyarakat. Karena akibat ulah mereka tersebut, membuat sungai yang airnya sering dipakai warga untuk keperluan sehari-hari menjadi tercemar.

Bahkan, video pembuangan sampah ke Sungai Mentaya menggunakan gerobak sempat beredar dan viral di media sosial. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru