Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Banjir Tidak Berpengaruh Terhadap Tanaman Padi di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 26 Juni 2019 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Katingan, Hendri Nuhan mengatakan dampak banjir di wilayahnya sejauh ini tidak berdampak terhadap kerusakan tanaman padi.

"Kami belum pernah menerima laporan baik dari petani atau camat terkait dampak banjir kemarin itu terhadap tanaman padi petani di sejumlah wilayah," ujarnya, Rabu, 26 Juni 2019.

Menurutnya, untuk wilayah tengah dan hulu sejauh ini petani menanam pagi gogo umur 6 bulan. Kebetulan saat banjir, para petani sudah memanen padi.

Selain itu banjir akibat luapan Sungai Katingan itu hanya sebentar dan tidak terlalu berpengaruh terhadap kerusakan tanaman pertanian.

Pasalnya, rata-rata wilayah yang terdampak banjir berada di sekitar Sungai Katingan. Selama ini daerahnya yang merupakan lumbung padi berada di Kecamatan Katingan Kuala.

Curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan Sungai Katingan meluap akhir-akhir ini dinilai tidak berpengaruh terhadap areal pertanian di wilayah Kecamatan Katingan Kuala.

Pasalnya, di wilayah Katingan Kuala sejauh ini dikenal daerah pasang surut. Artinya meski di bagian hulu terendam banjir, namun di wilayah Katingan Kuala hampir tidak terdampak.

"Untuk sawah yang ditanami padi dan palawija di wilayah Kecamatan Katingan Kuala itu sejauh ini tidak ada masalah, tidak ada laporan juga bahwa sawah mereka terdampak banjir," imbuhnya.

Sementara itu saat menghadiri pelatihan industri rumah tangga di aula Kecamatan Katingan Hilir, Selasa, 25 Juni 2019, Kepala Desa Luwuk Kanan Mutir menuturkan jika petani di daerahnya tahun ini gagal panen karena tanaman padi mereka diterjang banjir akibat luapan Sungai Katingan.

"Warga kami yang menanam padi kemarin itu bisa dikatakan gagal panen, sebab tanaman padi mereka rusak karena banjir kemarin itu," ungkapnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru