Peresmian Pabrik Tepung Ikan Tunggu Jadwal Ibu Menteri 

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 Juni 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peresmian pabrik tepung ikan di Desa Kapitan, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat hingga kini belum terealisasi karena masih menyesuaikan padatnya jadwal Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Padahal sebelumnya, pabrik tepung ikan yang menjadi dambaan ribuan nelayan Kobar dan Sukamara tersebut akan diresmikan pada pertengahan Juli atau Agustus 2017, atau 2 tahun lalu. 

"Peresmian nanti rencananya langsung ibu menteri, tetapi kita kan tidak mungkin mengatur jadwal ibu menteri," ujar Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah, Rabu, 26 Juni 2019.

Dia menjlaskan, untuk saat ini yang terpenting ialah adalah pengoperasiannya bukan peresmiannya. Pemerintah daerah akan melakukan operasional sepanjang legalitas formilnya diserahkan dari pemerintah pusat untuk kabupaten.

"Jika itu sudah diserahkan maka sepenuhnya pemkab kobar untuk melakukan pengelolaan dengan baik," ungkapnya.

Selama ini memang tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap nelayan. Akan tetapi Riansyah berharap ke depan dengan beroperasinya pabrik ini akan menambah kontribusi nelayan untuk mengirim hasil tangkapannnya dapat kompetitif dan harga ikan akan stabil.

"Tentu pada intinya atau muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat terutama nelayan," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru