HUT Seruyan Juga akan Digelar Donor Darah

  • Oleh Reno
  • 27 Juni 2019 - 16:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Meski peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke 17 Kabupaten Seruyan masih lama lagi, namun Wakil Bupati Seruyan, Iswanti berkeinginan agar dalam peringata ulang tahun Bumi Gawi Hatantiring ini akan digelar donor darah massal.

"Bisa kita agendakan donor darah massal pada HUT Seruyan di Agustus nanti. Ini sebagai upaya kita membantu saudara kita yang membutuhkan darah," ungkap Iswanti, Kamis 27 Juni 2019.

Kegiatan donor darah ini sangat baik, selain dapat menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya juga membiasakan agar ketersediaan darah selalu ada.

"Kita akan koordinasi dengan PMI supaya ke depannya kita tidak lagi ketergantungan dengan kabupaten tetangga, sehingga kita bisa membuat stok darah di Kuala Pembuang ini memalui unit transfusi darah PMI Seruyan," jelasnya.

Sementara itu petugas Bank Darah RSUD Sampit, Abdul Nasir mengutarakan untuk saat ini memang Seruyan masih ketergantungan dengan stok darah yang ada di bank darah di PMI Sampit terutama pasien yang berasal dari daerah perkebunan kelapa sawit yang menjadi pasien di RSUD dr Murjani Sampit.

"Memang selama ini pasien yang dirujuk dari Seruyan ke RSUD dr Murjani ini ketika memerlukan darah, bisa diambil dari unit transfusi darah PMI Sampit apabila dari bank darah RSUD Murjani kekosongan," jelasnya. (RENO/B-6)

Berita Terbaru