3 Video Satu Indonesia Karya Siswa SMA Bakal Bersaing di Tingkat Nasional 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 27 Juni 2019 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tiga video bertema Satu Indonesia karya siswa SMA di Kalteng bakal bersaing di tingkat nasional. 

Tiga video yang dimaksud adalah hasil penilaian dari lomba video pendek dan diskusi film yang digagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia atau BNPT-RI dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme atau FKPT Provinsi Kalimantan Tengah.

"Ada 13 video yang kita nilai. Nanti hanya ada 3 video yang kemudian akan berkompetisi tingkat nasional," kata Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung di Palangka Raya, Kamis, 27 Juni 2019.

Ia menuturkan, lomba tersebut digelar secara rutin setiap tahun dan tahun ini merupakan yang ke empat kalinya. Sebelum membuat, peserta juga lebih dulu mendapat pelatihan melalui workshop sehingga pembuatannya sesuai dengan tema.

"Jadi ada pelatihan untuk bagaimana cara membuat video menarik, kesannya sampai dan durasi 5 menit tidak lebih," ungkapnya.

"Video dibuat oleh generasi muda. Pesannya memilik NKRI tinggi, bagaimana berpancasila dengan baik karena kita tahu ideologi bangsa adalah Pancasila. Itu sudah harga mati. Kita beragam tapi dasarnya tetap Pancasila," imbuhnya.

Ia menambahkan, tujuan atas digelarnya lomba itu selain untuk menyalurkan hobi, juga memberikan pemahaman lebih sehingga terhindar dari paham-paham yang dilarang. 

"Karena generasi muda, mudah terpapar. Oleh sebab itu, kita berupaya untuk bagaimana mengalihkan perhatian mereka dan menggunakan gadget untuk membuat suatu hal yang positif," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru