Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Anambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara Soroti Permasalahan Sampah di Jelai

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Juni 2019 - 09:02 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Permasalahan sampah di Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara menjadi sorotan pemerintah. Sampah plastik banyak mengendap di lingkungan rumah masyarakat yang dikhawatirkan akan berdampak buruk.

"Kalau kita berbicara sampah, masyarakat Jelai itu membuang sampah di depan, kiri, kanan dan belakang rumahnya," ucap Bupati Sukamara Windu Subagio, Jumat, 28 Juni 2019.

Menurut Windu, karena posisi permukiman warga di pinggir muara Sungai Jelai sehingga saat kondisi air naik maka sampah yang dibuang sembarangan akan memenuhi pinggir jalan utama daerah tersebut.

"Kalau pasang, sampah itu dibawa air kemana-mana, begitu surut seluruh pinggir jalan itu penuh dengan sampah, termasuk depan rumah masing-masing penduduk," ujar Windu.

Bupati melanjutkan, apabila hal tersebut tidak diselesaikan, dikhawatirkan ke depannya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan merusak lingkungan serta mencemari laut.

"Jadi sangatlah perlu, sampah plastik yang mengeluarkan partikel kecil yang nantinya bisa dimakan oleh ikan-ikan yang ada di sungai dan laut, yang jangka panjangnya mengakibatkan kanker, bahkan stunting," jelasnya.

Windu berharap agar nantinya permasalahan tersebut dapat terselesaikan, mengingat saat ini memang belum ada tempat pembuangan sampah khusus disediakan di wilayah tersebut.

"Kalau di kecamatan lain mungkin bisa membuang sampahnya agak jauh," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru