Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Minta DLH Sukamara Tangani Permasalahan Sampah di Kecamatan Jelai

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Juni 2019 - 09:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bisa segera menangani permasalahan sampah di Kecamatan Jelai.

"Ini sudah saya sampaikan kepada kepala DLH untuk mengadakan paling tidak TPS 3R lah di masing-masing desa, atau 2 desa 1 TPS dan lain sebagainya," harap Windu Subagio, Jumat, 28 Juni 2019.

Menurut Windu, pemerintah akan memfokuskan dan memaksimalkan upaya pengelolaan sampah, terlebih di wilayah tersebut membutuhkan konsep yang tepat. Sebab selain memiliki kondisi wilayah yang berbeda dengan wilayah lainnya yakni lahan yang berawa juga belum adanya Tempat Pengolahan Akhir (TPA).

"Memang harus ada solusi yang tepat untuk pengelolaan sampah di wilayah Kecamatan Jelai dan ini akan jadi prioritas kita selain untuk meningkatkan infrastruktur jalannya," ujarnya.

Windu menambahkan, apabila permasalahan sampah tidak diselesaikan, dikhawatirkan ke depannya akan berdampak buruk bagi kesehatan dan merusak lingkungan serta mencemari laut.

"Jadi sangatlah perlu, sampah plastik yang mengeluarkan partikel kecil yang nantinya bisa dimakan oleh ikan-ikan yang ada di sungai dan laut, yang jangka panjangnya mengakibatkan kanker, bahkan stunting," jelasnya.

Windu berharap agar nantinya permasalahan tersebut dapat terselesaikan, mengingat saat ini memang belum ada tempat pembuangan khusus di wilayah tersebut.

"Kalau di kecamatan lain mungkin bisa membuang sampahnya agak jauh," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru