Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Percepatan Infrastruktur Jelai Sebagai Upaya Atasi Masalah Sampah

  • Oleh Norhasanah
  • 28 Juni 2019 - 09:28 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Jelai juga salah satu upaya mengatasi permasalahan sampah.

"Mungkin masalah sampah ini masih bisa diatasi dengan TPS tetapi ini nantinya semua harus dibawa atau diangkut ke TPA, jadi memang harus ada solusi tepat," ucap Bupati Sukamara Windu Subagio, Jumat, 28 Juni 2019.

Windu berharap, program prioritas peningkatan infrastruktur jalan juga akan menjadi solusi bagi pengelolaan sampah di wilayah pesisir pantai di Kabupaten Sukamara. Bahkan, pemerintah daerah menargetkan pada tahun depan program pengelolaan sampah ini sudah tidak ada kendala.

"Dengan anggaran yang besar pun kita tidak masalah yang jelas harus fokus ke sana karena daerah lainnya juga bisa memaklumi karena Kecamatan Jelai ini adalah kecamatan tertua di Kabupaten Sukamara yang tentunya membutuhkan perhatian kita bersama," ujar Windu Subagio.

Selain itu, Bupati Sukamara berharap agar DLH Sukamara juga dapat memberikan solusi terhadap masalah tersebut. Salah satunya dengan pengadaan Tempat Pengelolaan Sampah.

"Ini sudah saya sampaikan kepada kepala DLH untuk mengadakan paling tidak TPS 3R lah di masing-masing desa, atau 2 desa 1 TPS dan lain sebagainya," pintanya.

Lanjutnya, apabila permasalahan sampah tidak diselesaikan, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan dan merusak lingkungan serta mencemari laut.

"Jadi sangatlah perlu, sampah plastik yang mengeluarkan partikel kecil yang nantinya bisa dimakan oleh ikan-ikan yang ada di sungai dan laut, yang jangka panjangnya mengakibatkan kanker bahkan stunting," jelasnya.

Windu berharap agar nantinya permasalahan tersebut dapat terselesaikan, mengingat saat ini memang belum ada tempat pembuangan khusus di wilayah tersebut.

"Kalau di kecamatan lain mungkin bisa membuang sampahnya agak jauh," tukas Windu Subagio. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru