Walhi Apresiasi Cepat Tanggap Gubernur Kalimantan Tengah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Juni 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Eksekutif Walhi Kalteng Dimas Nuvian Hartono mengapresiasi langkah cepat tanggap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, menyikapi laporan masyarakat. 

Hal itu disampaikan Dimas, usai Gubenur Sugianto Sabran menyambangi kantor Walhi Kalteng di Jalan RTA Milono, Palangka Raya, Jumat, 28 Juni 2019.

Sebelumnya, Walhi bersama mahasiswa di Palangka Raya akan menggelar aksi damai di depan kantor Gubernur Kalteng. Aksi itu terkait adanya perusahaan yang tidak memberikan hak-hak masyarakat di lingkungan sekitar.

"Kita mengapresiasi. Saat ini, kita tinggal menunggu komitmen beliau dalam proses penyelesaiannya," kata Dimas. 

Pada kesempatan itu, Dimas menyerahkan dokumen 5 kasus perusahaan dengan masyarakat. Yakni berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapuas, Barito Timur, Seruyan, dan Katingan.

"Empat kasus, terkait konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan sawit. Sedangkan satunya terkait masalah tambang," ungkapnya.

Bentuk konflik lahan yang dimaksud, salah satunya perusahaan tidak memberi ganti rugi lahan kepada masyarakat. Termasuk tidak ada plasmanya.

"Kalau terkait tambang itu di Bartim yaitu ada perusahaan menambang di sungai," tuturnya.

Meski gubernur sudah langsung datang, Walhi bersama mahasiswa tetap melakukan aksi damai di depan kantor Gubernur Kalteng. Tuntutannya agar pemerintah bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut. (BUDI YULIANTO/B-11)

Berita Terbaru