Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalimantan Tengah Segera Tindaklanjuti Laporan Walhi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 28 Juni 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyebut akan menindaklanjuti 5 kasus yang disampaikan Walhi terkait adanya konflik antara perusahaan dengan masyarakat. 

Bahkan dia menyebut masalah seperti itu harus segera diselesaikan. "Akan kita tindaklanjuti. Saya minta bupati supaya secepatnya menyelesaikan," kata gubernur, Jumat, 28 Juni 2019.

"Jangan sampai pemerintah daerah memberikan tindakan tegas. Oleh sebab itu sebelum ada tindakan tegas, melapor ke pemerintah pusat, kita minta pengusaha ini memperhatikan masyarakat sekitar," imbuhnya.

Menurutnya, dalam hal pembangunan, pemerintah terus berupaya membangun pertumbuhan ekonomi di Kalteng agar semakin bagus, termasuk dari sisi keamanannya.

Kalau ada pengusaha yang datang ke Kalteng untuk mengembangkan investasinya, itu juga membantu pembangunan, tapi harus tetap memperhatikan hak-hak rakyat.

"Yang paling penting untuk diperhatikan adalah keberadaan investor berbondong-bondong baik di bidang perkebunan, kehutanan dan pertambangan. Itu semua harus berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Sebelumnya, Walhi Kalteng menyampaikan 5 kasus terkait konflik yang terjadi di daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kapuas, Barito Timur, Seruyan dan Katingan.

Empat kasus di antaranya berkaitan konflik lahan antara masyarakat dengan perusahaan sawit. Sedangkan satunya terkait masalah tambang di sungai wilayah Bartim. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru