Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Darurat Karhutla, Warga Diimbau Tidak Bakar Lahan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 Juni 2019 - 20:54 WIB

Borneonews, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla. Untuk itu masyarakat diimbau tidak membakar lahan.

Ketua DPRD Kobar Triyanto mengatakan, dengan status Siaga Darurat Karhutla sudah sangat tepat, dengan demikian Satgas penanggulangan Karhutla pun dapat segera bertindak di lapangan. 

"Status siaga yang dikeluarkan Pemkab kobar akan mempermudah melakukan pencegahan dalam koordinasi lintas sektor," kata Triyanto, usai sidang paripurna di DPRD, Jumat, 28 Juni 2019.

Triyanto menambahkan, Legislatif mendukung langkah yang diambil Pemkab Kobar dalam menekan agar tidak terjadi Karhutla, terutama perihal masalah pembahasan anggaran. 

"Kita telah sepakat Kobar bebas kabut asap dampak adanya Karhutla. Sehingga setiap tahun kami selalu mendukung pembahasan anggaran," katanya. 

Triyanto mengharapkan agar masyarakat berperan aktif dalam pencegahan Karhutla yaitu dengan cara menggunakan alat mesin pertanian atau Alsintan. Sebab setiap kelompok tani hampir sebagian besar telah menerima Alsintan.

"Bila musim tanam pergunakanlah Alsintan itu untuk membuka lahan, jangan dengan cara membakar, karena berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan,," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru