Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Sukamara akan Bangun TPS 3R di Jelai dan Lunci

  • Oleh Norhasanah
  • 29 Juni 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Sukamara akan membangun Tempat Pengelolaan Sampah 3R atau TPS 3R di Pantai Lunci dan Jelai untuk mengatasi permasalahan sampah di dua kecamatan tersebut.

TPS 3R merupakan tempat pengelolaan sampah Reuse, Reduce, dan Recycle atau mengurangi, menggunakan, dan mendaur ulang.

"Satu kecamatan miliki 1 TPS 3R dulu. Karena untuk pembuatan TPS ini di antara syaratnya harus ada lahan yang memadai," ucap Kepala DLH Sukamara Rendy Lesmana, Sabtu, 29 Juni 2019.

Rendy berharap, dalam penyediaan lahan, tidak dilakukan oleh pemerintah, melainkan hibah dari masyarakat, sehingga adanya partisipasi warga dalam upaya pengelolaan lahan.

"Kita berharap juga, kalau bisa bukan pemerintah daerah yang menyediakan lahan, ini bertujuan agar kesinambungan proyek atau program ini berjalan ada partisipasi masyarakat," pintanya.

Rendy menerangkan, seperti TPS 3R Permata Sukma yang ada di Kelurahan Padang, dimana tempet pengelolaan sampah tersebut dibangun diatas tanah hibah masyarakat, etelah selesai pembangunannya, kemudian TPS tersebut kembali diserahkan kepada masyarakat setempat untuk dikelola.

"Ini bertujuan agat adanya keterlibatan masyarakat, sehingga program TPS 3R yang dibangun tersebut bisa berjalan dengan baik, karena kita tidak berharap proyek-proyek seperti itu hanya sekedar diabangun tetapi mangkrak," jelasnya. (NORHASANAH/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru