Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yahukimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seruyan Hulu dan Suling Tambun Kekurangan Bidan

  • Oleh Reno
  • 29 Juni 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dua kecamatan di Kabupaten Seruyan yakni Seruyan Hulu dan Suling Tambung hingga kini masih kekurangan bidan.

Untuk itu, pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS pada tahun ini diharapkan bisa menutupi kekurangan bidang yang terjadi di dua kecamatan bagian hulu Kabupaten Seruyan itu.

"Karena di kecamatan suling tambun dan seruyan hulu banyak desa yang belum ada bidannya contohnys di seruyan hulu, ibukotanya di tumbang manjul. Disitu ada 20 desa sedangkanya yang ada bidannya hanya 6 desa saja," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Mahdiniansyah, Sabtu 29 Juni 2019.

Meski demikian, terang Mahdini, semua tenaga kesehatan ada, yang sebian besar diisi oleh perawat. Hal demikian memang tidak sesuai dengan kebutuhan tenaga kesehatan secara ril.

Karena dalam 1 desa harus memiliki 2 fasilitas kesehatan yakni Puskesmas Pembantu dan Pos Kesehatan Desa atau Poskesdes.

"Puskesmas pembantu petugasnya perawat sedangkan poskesdes petugasnya bidan. Idelanya di dalam 1 desa ada perawat dan bidan. Untuk kecamatan Seruyan Hulu dan Suling Tambun masih kekurangan bidan" jelas Mahdini. (RENO/B-5)

Berita Terbaru