Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Alasan Perluasan Areal Tanaman Pisang Tidak Dikembangkan di Bangun Harja

  • Oleh Reno
  • 29 Juni 2019 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Tahun ini Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan tidak dipilih menjadi tempat pengembangan tanaman bibit pisang.

Namun program pengembangan perluasan areal tanaman pisang dilaksanakan di Desa Sungai Bakau, Sungai Udang dan Pematang Limau.

"Tahun ini kita hanya mengembangkan tanaman pisang di Desa Sungai Bakau, Sungai Udang, dan Pemantang Limau. Untuk Bangun Harja tidak dilakukan, karena dalam 2 tahun terakhir ini ada penyakit seperti lebah induk, karena spesies itu mengumpul bakteri," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Kabupaten Seruyan, Sugian Noor, Sabtu 29 Juni 2019.

Menurut Sugian, berdasarkan data dan evaluasi itulah menjadi pertimbangan tahun ini tidak dilakukan penanaman pisang di Bangun Harja.

"Sehingga dikembangkan ke daerah lainnya. Dengan harapan program itu nantinya berhasil sesuai dengan yang kita harapkan," jelasnya.

Dalam program tersebut anggota kelompok tani hanya menyiapakan lahan dengan catatan lahan tersebut tidak bermasalah dan tidak menimbulkan dampak hukum.

Program perluasan areal tanaman pisang kali ini ada 55 hektare dan terbanyak di Desa Pemantang Limau 15 hektare.

"Dari pembuatan baluran di lahan hingga pada bibit akan kita bantu. Untuk bibit tentu pastikan sehat bebas dari bakteri darat dan serangan jamur," jelasnya. (RENO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru