Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Barat Minta Kearifan Lokal Dipromosikan Melalui Film Dokumenter

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Juni 2019 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Borneo Enviromental Film Festival (BEFF) merupakan wadah pembuat fiilm untuk berkarya dan mengedukasi. Terkait itu, Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah berharap BEFF dapat mempromosikan kearifan lokal kobar agar mendunia.

"Kepada teman-teman BEFF, saya ingin untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya kobar," kata Nurhidayah, saat melaunching video Wonderful Kotawaringin Barat, di Waterfront City, Kelurahan Mendawai, Sabtu, 29 Juni 2019 malam.

Pemerintah Kotawaringin Barat sangat mendukung kreativitas anak muda di BEFF ini. Film atau video kearifan lokal dapat menarik dan menjadi magnet wisatawan nasional hingga mancanegara untuk berkunjung.

"Dengan ide kreatif atau melalui video dan film, maka dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kotawaringin Barat," kata Nurhidayah.

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Kalteng, H Ruslan AS, yang juga suami Hj Nurhidayah, sangat mengapresiasi kreativitas kaum muda atau millenial dan masyarakat. Sebab, bisa mengikuti arus perkembangan zaman.

Karya-karya dari masyarakat menghidupkan kembali kearifan lokal dan dibantu kaum muda untuk mempromosikan ini, merupakan hal yang sangat luar biasa. 

"Pesan saya, agar masyarakat tetap menjaga lingkungan dengan baik, tetap ramah ,dan terus gali ide kreatifnya," kata H Ruslan AS.

Sementara itu Presiden Direktur BEFF, Dwi Wahyu Nugroho mengatakan, kegiatan road show yang diadakan di Kobar ini lebih mengajak kepada masyarakat untuk berkarya melalui film dokumenter, baik fiksi maupun promosi.

"BEFF siap menjadi media atau rumah untuk mempromosikan karya dari teman-teman. Agar pemuda di Kotawaringin Barat dapat berkarya melalui film," kata Dwi Wahyu.

Adapun lokasi kegiatan di pinggiran sungai ini, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama air. Sesuai dengan tema BEFF 2019 yaitu AIR. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru