Hanya 45 Desa di Seruyan Miliki Perpustakaan

  • Oleh Reno
  • 30 Juni 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Hanya 45 dari 100 desa di Kabupaten Seruyan yang telah memiliki perpustakan desa. Keberadaan perpustakaan desa ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Seruyan cerdas melalui membaca.

"Di Seruyan baru ada 45 perpusatakaan desa. Kehadiran perpustakaan desa ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat Seruyan untuk mencari referensi maupun bahan-bahan yang tersedia di perpustakaan desa," ujar Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Seruyan Astono saat dimintai konfirmasi, Minggu 30 Juni 2019.

Astono menyampaikan, desa berkewajiban membentuk perpusatakaan desa dengan menggunakan anggaran desa baik Dana Desa atau DD.

"Saat ini sekitar 48 persen saja desa yang memiliki perpustakaan 100 desa yang ada di Seruyan. Kita belum mengetahui apakah masih aktif atau tidaknya," jelas Arsono.

Dinas Perpustakaan dan Arsip pun hanya sebagai pembina dari perpustakaan yang ada di desa. Termasuk dalam memberikan bimtek terhadap tenaga atau petugas di perpustakaan desa.

Tujuan perpustakaan desa ini sebagai lembaga layanan bahan pustaka dan informasi kepada masyarakat untuk kepentingan pendidikan, informasi, penerangan, dan rekreasi. (RENO/B-2)

Berita Terbaru