Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan APBD 2018 Mendapat Sorotan dari Fraksi Pendukung DPRD Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 30 Juni 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018 mendapat beberapa sorotan dari fraksi pendukung DPRD Barito Utara.

Muncul masalah - masalah pada beberapa program prioritas pembangunan seperti pada sektor pekerjaam umum, kesehatan dan pendidikan.

Juru bicara fraksi PDI Perjuangan, Henny Rosgiaty Rusli menyebutkan masalah-masalah tersebut seperti jalan rusak, jembatan terancam putus, keterbatasan pelayanan dasar kesehatan, kekurangan tenaga medis dan paramedik. Kemudian, kekurangan tenaga guru, ruang kelas rusak, rumah dinas guru rusak, dan kekurangan fasilitas komputer.

Selain itu, dia menambahkan, berapa jumlah tenaga kerja sampai tahun 2018 baik pada sektor formal maupun informal. "Karena hal ini merupakan acuan bagi tujuan utama pembangunan yakni kesejahteraan masyarakat," ucap Henny, Minggu 30 Juni 2019.

Sementara itu, dari fraksi Demokrat, Rujana Anggraini menyatakan, ada beberapa hal yang perlu dicermati pada Raperda yang akan dijadikan acuan pada anggaran perubahan APBD TA 2019 ini. Di antaranya mengenai sejauh mana kesungguhan OPD dalam mengelola anggaran yaitu mengenai capaian pelaksanaan program atau kegiatan. 

Lebih lanjut, ia juga mencermati mengenai progress realisasi pada pelayanan air bersih dan listrik pada beberapa daerah di Kabupaten Barito Utara.

Sedangkan dari Partai PPP, Pujiono mencermati efektivitas pelaksanaan anggaran. Pihaknya menyaarankan, selain memprioritaskan pada sektor pendidikan, kesehatan namun juga pada pengelolaan sumber daya alam. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru