Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMKN 1 Kapuas Pertengahan Juli

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Juli 2019 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS akan diberikan kepada siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Negeri 1 Kuala Kapuas pada pertengahan Juni 2019 mendatang.

Kepala SMK Negeri 1 Kuala Kapuas During mengatakan, MPLS tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari, dengan berbagai materi diberikan kepada peserta didik baru tersebut.

"Iya, sesuai jadwal dari pemerintah pelaksanaan PLS itu akan dilaksanakan mulai 15 sampai dengan 17 Juli mendatang," ucap During kepada wartawan, Senin, 1 Juli 2019.

Lebih lanjut, During mengatakan, permulaan masuk sekolah diwajibkan bagi peserta didik baru untuk melaksanakan MPLS sebagai pengganti atau kegiatan yang pelaksanaan biasa dikenal dengan Masa Orientasi Siswa Baru (MOS). 

Adapun Ketentuan Masa Pengenalan MPLS tahun ini masih mengacu pada Permendikbud 18 Tahun 2016.

"Pengenalan lingkungan sekolah bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, dan membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya," katanya 

Terutama beradaptasi terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

"Juga untuk menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru sehingga mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya," ucapnya.

Selain itu, juga untuk menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat. "Untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru