Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belasan Lapak Pedagang di Kawasan Pasar Besar Kapuas Dibongkar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Juli 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Belasan lapak pedagang di kompleks Pasar Besar Kuala Kapuas dibongkar, Senin, 1 Juli 2019. Tepat lapak pedagang yang terletak di pinggir Jalan Gang Naker.

Pembongkaran dilakukan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas, membackup tugas Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas untuk penertiban area tersebut.

"Ada sekitar kurang 12 lapak yang dibongkar anggota," kata Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas, Yunabut.

Yunabut menjelaskan lapak-lapak pedagang kebutuhan pokok itu, dulunya hanya tempat penampungan sementara. Pasca terjadinya kebakaran di pasar blok R.

"Yang dibongkar ini sebenarnya bangunan yang bersifat sementara dulu. Penampungan pedagang yang jadi korban kebakaran pasar blok R beberapa tahun lalu," katanya.

Dia menjelaskan, jauh hari sebelumnya sudah diberikan surat imbauan hingga peringatan kepada pedagang agar membongkar sendiri lapaknya. Akan tetapi itu enggan dilakukan, sehingga hari ini dibongkar.

"Akhirnya dibuat kesepakatan pembongkaran itu. Padahal sebenarnya sudah proses negosiasi panjang. Jadi, ini tidak dilakukan dadakan," katanya.

Terlebih lagi pihak pengurus pasar sudah menyiapkan tempat secara gratis. Agar para pedagang yang berjualan di pinggir jalan tersebut berpindah.

"Sudah disiapkan untuk mereka masuk mengisi atau berjualan ke dalam blok-blok pasar," katanya.

Adanya lapak-lapak yang terletak di pinggir jalan gang tersebut kerap membuat macet jalan. Itu menjadi salah satu dasar dilakukan penertiban. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru