Pembongkaran Lapak Pedagang untuk Merapikan Kawasan Pasar Besar Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Juli 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pembongkaran belasan lapak pedagang di kawasan Pasar Besar Kapuas tepatnya di Gang Naker bertujuan merapikan tempat tersebut.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Yunabut, mengatakan, lapak pedagang yang sebenarnya peruntukannya sementara saja itu akhirnya dibongkar. Kawasan itu padat dan kerap membuat lalu lintas di gang tersebut macet.

"Mudah-mudahan ini juga memberikan contoh patuh dan taat terhadap peraturan yang ada. Kalau pasar kita ini bersih, rapi, tertib, teratur kan enak dipandang lebih," ucap Yunabut kepada wartawan, Senin, 1 Juli 2019.

Lebih lanjut, ia berharap, dengan rapinya kawasan tersebut maka akan meningkatkan kenyamanan pembeli maupun pedagang di pasar sehingga semakin bagus lagi ke depannya.

"Lebih-lebih lagi dengan bersih dan rapi serta tertibnya kawasan itu akan dapat meraih lagi piala adipura," katanya.

Sebelumnya, dijelaskan, jauh-jauh hari sebelumnya sudah diberikan surat imbauan hingga peringatan terhadap para pedagang agar membogkar sendiri lapak-lapaknya tersebut. Akan tetapi itu enggan dilakukan sehingga hari ini dibongkar.

"Akhirnya dibuat kesepakatan pembongkaran itu. Padahal sebenarnya sudah proses negosiasi panjang, ini tidak dilakukan dadakan atau bersifat membuat pedagang kaget," katanya.

Terlebih lagi pihak pengurus pasar sudah menyiapkan tempat secara gratis agar para pedagang yang berjualan di pinggir jalan gang tersebut berpindah.

"Sudah disiapkan untuk mereka masuk mengisi atau berjualan ke dalam blok-blok pasar," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru