Kenaikkan Pangkat Polri Ditentukan lewat Sidang Dewan Pertimbangan Karier

  • Oleh Ramadani
  • 01 Juli 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar mengatakan bahwa kenaikkan pangkat bukanlah hak yang secara otomatis diterima oleh setiap personel Polri.

Kenaikkan pangkat bagi personel Polri ditentukan melalui proses sidang Dewan Pertimbangan Karier atas kewajiban yang harus dilaksanakan dengan penilaian pimpinan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi.

“Persyaratan tersebut antara lain yakni prakarsa, kemauan atau etos kerja, kerja sama, tingkah laku, ketabahan, prestasi kerja, pengembangan kewiraan, penyesuaian diri dan tanggung jawab, serta loyalitas dan tidak tercela,” jelas AKBP Dostan Matheus Siregar pada Upacara Korps Raport Kenaikkan Pangkat yang dilaksanakan di halaman Polres Barito Utara, Senin, 1 Juli 2019   .

Dikatakan Kapolres, tanda pangkat baru yang tengah dikenakan merupakan simbol kemampuan dan tanggung jawab. Sehingga personel Polri yang menyandang pangkat tertentu dituntut adanya kualitas moral, intelektual, dan jasmani yang sesuai dengan pangkat yang disandang.

“Untuk itu, bagi personel Polri yang memperoleh kenaikkan pangkat agar segera menyesuaikan diri dengan tingkatan pangkat yang disandang melalui upaya peningkatan wawasan terhadap kewajiban dan tanggung jawab dalam setiap pelaksanaan tugas,” tegas Kapolres. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru