Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Kabupaten Pertama di Kalimantan Tengah Terapkan Tanda Tangan Elektronik 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Juli 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kotawaringin Timur (Kotim) merupakan kabupaten pertama di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menerapkan tanda tangan elektronik guna memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. 

"Pemkab Kotim merupakan yang pertama memberlakukan tanda tangan elektronik ini di Kalteng. Mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagi kabupaten lain nantinya," ujar Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber Sandi Negara Jonathan G Taringan, ketika menyampaikan sambutan saat peluncuran tanda tangan elektronik, Selasa, 2 Juli 2019. 

Dirinya berharap, Kabupaten Kotawaringin Timur bisa menjadi pelopor bagi kabupaten lain untuk menjalankan hal yang sama. Karena saat ini memasuki era kebutuhan pelayanan yang ringkas dan cepat. 

"Tanda tangan elektronik merupakan langkah ubtuk mempercepat pelayanan publik. Sehingga tidak ada kendala, meskipun pejabatnya sedang tidak ada di tempat," kata Jonathan. 

Dirinya juga menjelaskan, saat ini tanda tangan elektronik sudah digunakan pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga sudah sangat jelas betapa pentingnya hal ini digunakan. Karena akan mempermudah dan mempercepat pelayanan publik, baik dalam hal perizinan, maupun administrasi kependudukan. 

"Kami harap ke depan semua SOPD di Kotim sudah bisa meberlakukan tanda tangan elektronik ini. Karena tuntutan pelayanan akan semakin tinggi," terang Jonathan. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru