Warga Minta Pemkab Buat Jalan Darat menuju Makam Wali di Sungai Udang Seberang

  • Oleh Reno
  • 02 Juli 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Warga minta Pemkab Seruyan membuat jalan darat menuju Makam alim ulama, Wali Unut Bin Layar yang berlokasi di Sungai Udang Seberang, Kecamatan Seruyan Timur, Kabupaten Seruyan.

Pengunjung makam wali satu-satunya di daerah Kuala Pembuang ini tidak hanya warga dari Kalimantan Tengah atau Kalteng saja, melainkan juga dari provinsi tetangga, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur hingga dari Pulau jawa.

Sayangnya, akses satu-satunya menuju ke lokasi makam hanya menggunakan  kelotok atau speedboat. Dari Kuala Pembuang jarak tempuhnya memakan waktu sekitar 30 menit.

Untuk itu, masyarakat pun berharap agar Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Seruyan dapat lebih memperhatikan keberadaan makam wali tersebut. Apalagi yang datang berziarah ke makam wali Unut ini banyak dari warga luar Kabupaten Seruyan.

"Kami meminta agar Pemkab Seruyan dapat membuat jalan darat menuju makam wali Unut Bin Layar ini. Karena saat ini masih menggunakan jalur sungai untuk menuju lokasi ini," kata M Adim, pengantar peziarah ke Makam Wali Unut Bin Layar, Selasa 2 Juni 2019.

Menurut Adim, jika dilakukan pembukaan jalan darat, setiap warga yang ingin berziarah bisa menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. 

"Karena jalannya melewati desa pemantang panjang. Kalau ada jalan darat tentu tidak ketergantungan dengan jalur sungai lagi menuju ke makam," jelasnya.  (RENO/B-2)

Berita Terbaru