Taman Nasional Sebangau Wilayah Katingan masih Aman dari Kebakaran

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Juli 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Memasuki awal musim kemarau tahun ini wilayah Taman Nasional Sebangau di Kabupaten Katingan saat ini dilaporkan masih aman dari kebakaran.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Sebagau wilayah III Katingan, Perie Ariesandi melalui Polisi Kehutanan atau Polsus Seksi Pengelolaan Taman Nasional SPTN Sebagau, Genta Rahmansyah, Selasa, 2 Juli 2019 membenarkan jika sampai saat ini areal TN Sebangau di wilayahnya masih aman dari bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Menurut Genta, TN Sebangau di Kalteng terbagi atas 3 wilayah yakni Pulang Pisau, Palangkaraya dan Kabupaten Katingan.

Namun areal TN Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan adalah yang terluas dibanding 2 daerah itu. Luas Taman Nasional Sebangau di wilayah Kabupaten Katingan 319.941,7 hektare.

Dari jumlah luasan ini terbagi dalam 3 resort yaitu Resort Baun Bango 105.749, 8 hektare, Resort Muara Bulan 141.079,6 hektare, dan Resort Mendawai dengan luasan 73.112,7 hektare.

"Dari 3 wilayah resort ini masih aman dari kebakaran," ujarnya. Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan sejauh ini pada resort telah ada petugas.

Setiap resort telah dibentuk masyarakat mitra Polhut atau MMP yakni direkrut dari warga sekitar resort wilayah dengan jumlah 10 orang setiap resort.

Selain itu menyambut datangnya musim kemarau tahun ini pihak SPTN Sebangau wilayah III juga bakal mengirimkan anggota Manggala Agni guna melakukan patroli. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru