Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disporaparbud Barito Selatan Susun Rencana Induk Pengembangan Pariwisata

  • Oleh Uriutu
  • 02 Juli 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan atau Disporaparbud Barito Selatan susun rencana induk pengembangan pariwisata.

Kepala Disporaparbud Barsel, Manat Simanjuntak mengatakan, pihaknya saat ini berencana mengembangkan 12 destinasi objek wisata pada 2020 mendatang.

"Saat ini kita sedang menyusun rencana induk pengembangan pariwisata atau 12 objek distinasi wisata tersebut," kata Manat Simanjuntak kepada Borneonews, Selasa 2 Juli 2019.

Ia membeberkan, di dalam rencana induk tersebut akan dicantumkan 12 destinasi wisata yang akan dikembangkan dan dibuat Peraturan Daerah serta Peraturan Bupati.

Ia pun berharap, 12 destinasi wisata tersebut nantinya bisa berkembang. Sebab sesuai arahan Presiden Republik Indonesia sektor pariwisata menghasilkan Pendapatan Asli Daerah apabila dikembangkan dengan baik.

Untuk saat ini, lanjut dia, pihaknya masih fokus pada pengembangan objek wisata Sanggu, dan Malawen Buntok. Serta, lanjut dia, beberapa objek wisata lainnya seperti Kerbau Rawa, pemukiman terapung yang berada di Desa Bambaler, termasuk pengembangan destinasi baru yakni air terjun Bintang Ara yang berada di Gunung Bawo.

"Destinasi wisata tersebut bisa dikembangkan dengan adanya infrastruktur yang memadai mengacu pada tiga A yakni amenitas, atraksi, dan akses. Dengan bagusnya tiga hal itu, maka destinasi wisata akan bisa dieksplor," beber dia.

Ia menambahkan, tahun ini pihaknya mendapat bantuan CSR untuk melakukan sedikit perbaikan terutama pada objek wisata Danau Sanggu.

Saat ini, sambung dia, ada 4 objek pariwisata yang sudah ada Peraturan Bupati. Keempat objek wisata tersebut yakni Liang Lempang yang berada di Desa Palurejo, Kecamatan Gunung Bintang Awai.

Kemudian Danau Sanggu yang berada di Kecamatan Dusun Selatan, Pemukiman Terapung Desa Bambaler, Kecamatan Dusun Selatan,  dan peternakan kerbau rawa yang berada di Desa Tampulang, Kecamatan Jenamas. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru