Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulang Pisau Komitmen Dampingi Masyarakat Kembangkan Hutan Rakyat

  • Oleh James Donny
  • 02 Juli 2019 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Sejumlah keinginan diharapkan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam mewujudkan program pembangunan di Bumi Handep Hapakat. 

Di antaranya pengembangan hutan rakyat yang korelasinya menuju pada pengembangan sektor industri di Kabupaten Pulang Pisau. 

Pada HUT ke 17 Pulang Pisau, sektor industri menurut Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo  menjadi salah satu sektor yang paling menonjol dalam progres pembangunan. 

Bupati mengatakan Menteri Likungunan Hidup dan Kehutanan berjanji mengupayakan dan memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam pengembangan hutan tanaman rakyat di Pulang Pisau.

“Kita sudah ketemu dengan petani sengon dan kita sudah melihat perkembangan HTR sangat baik. Kita tentu harus optimis prospek ini akan menjadi industri bersama rakyat yang bisa diwujudkan dalam perhutanan sosial di Pulang Pisau,” katanya. 

Dalam pengembangan kayu sengon di Pulang Pisau pihak industri pengelola kayu sengon memerlukan lahan seluas 20.000 hektare dan ini peluang yang besar bagi masyarakat untuk menambah lahan perhutanan sosial.  

Harapannya Pulang Pisau menjadi percontohan untuk perhutanan sosial dan dapat menjadi pusat industry kayu olahan.

Prospek tanaman sengon disebutkan sangat bagus untuk ekspor. Demikian untuk pengelolaan hasil kayu hutan dari masyarakat ini akan disalurkan ke PT Nagabhuana Aneka Piranti yaitu corporate yang bergerak di industri kayu di Pulang Pisau. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru