Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi II DPR RI Segera Rapat Seusai Berkunjung ke BPN Kalimantan Tengah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Juli 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisi II DPR RI segera melakukan rapat terkait penataan ruang pasca melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional atau BPN Kalimantan Tengah, Selasa, 2 Juli 2019.

Ketua tim sekaligus sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Herman Khaeron mengatakan kedatangannya dalam rangka evaluasi program pendaftaran tanah sistematis lengkap atau PTSL dan penyelesaian konflik pertanahan. 

"Kita ingin tahu sejauh mana sudah pelaksanaan PTSL. Nanti akan dievaluasi. Kemudian, sejauh mana penyelesaian sengketa. Selanjutnya, bagaimana korelasi PTSL dengan sengketa lahan dan apa kendalanya," katanya.

Dari hasil pertemuan itu, Herman menyebut dalam waktu dekat akan segera melakukan rapat terkait penataan ruang, termasuk berkaitan dengan penetapan kawasan di Kalteng.

"Harus ada kepastian atas tanah, regulasi yang telah ditetapkan kepada seluruh tingkatan pemerintah. Oleh karena itu, kami juga akan mendiskusikan ini dan semoga ada solusi untuk Kalteng," ungkapnya.

Menurutnya, persoalan PTSL saat ini masih menjadi masalah klasik. Dari data yang ia peroleh, masih ada ribuan tanah yang bersengketa.

Salah satu penyebab konflik tanah yakni tumpang tindih baik antara kepemilihan pribadi, perkebunan, perhutanan maupun pertambangan.

"Saya kira, masalah konflik itu hampir merata di seluruh tanah air," bebernya. PTSL tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya sengketa pertanahan karena PTSL merupakan solusi untuk pertanahan. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru