Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Timur Masuki Musim Kemarau

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Juli 2019 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Perkiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, saat ini Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sedang peralihan musim dari penghujan ke kemarau. Bahkan dalam sepekan terakhir sudah tidak ada hujan yang turun.

"Dari penjelasan BMKG, saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau. Bahkan sudah ada terpantau hot spot atau titik panas," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, seusai rapat kebakaran hutan dan lahan, Selasa, 2 Juli 2019. 

Dalam sepekan terakhir, hujan tidak ada turun di daerah ini. Bahkan beberapa wilayah, parit dan sungai sudah mulai mengering. Hal itupun, menandakan bahwa saat ini di Kotim sudah memasuki musim kemarau. Sehingga sangat diwaspadai kebakaran hutan dan lahan. 

"Tentu memasuki musim kemarau ini, yang sangat diwaspadai adalah kebakaran hutan dan lahan, dan itulah yang terus kami antisipasi," kata Yusup. 

Dalan bulan Juli 2019 lalu, setidaknya ada 4 titik hostpot yang terpantau oleh pihak BMKG. Yang terjadi di Kecamatan Cempaga 1 titik, Kecamatan Cempaga Hulu 1 titik, dan di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan 2 titik. 

Untuk itu, memasuki musim kemarau ini sangat diwaspadai terjadinya karhutla. Alasan itu pulalah yang membuat Pemkab Kotim bersama instansi vertikal menggelar rapat karhutla. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru