Ini Lima Komoditas Penyumbang Inflasi di Palangka Raya

  • Oleh Agus Priyono
  • 03 Juli 2019 - 00:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah mencatat ada lima komoditas utama yang menjadi penyumbang inflasi di Kota Palangka Raya.

Penyumbang inflasi terbesar adalah beras yakni 0,14 persen disusul ikan baung dandan mentimun sama-sama 0,04 persen, serta pisang dan ikan saluang 0,02 persen.

“Beras masih menjadi penyumbang inflasi tertinggi di Kota Palangka Raya sebesar 0,14 persen. Namun, ini masih lebih rendah dibanding bulan kemarin yang mencapai 0,20 persen,” ujar Kepala BPS Kalteng Yomin Tofri, Selasa, 2 Juli 2019.

Selain itu, BPS Provinsi Kalteng juga mencatat ada beberapa komoditas lainnya yang mengalami deflasi. Untuk Kota Palangka deflasi ditempati oleh komuditas ayam ras 0,19 persen, jasa angkutan udara 0,12 persen, dan bahan bakar rumah tangga 0,09 persen.

Kemudian disusul bawang putih yang mengalami deflasi sebanyak 0,05 persen serta telepon seluler 0,01 persen.

“Deflasi yang paling signifikan terlihat jelas. Pada bulan sebelumnya, tiga komoditas seperti jasa angkutan udara, ayam ras, dan bawang putih itu masuh penyumbang terbesar Inflasi, namun di bulan Juni ini justru mengalami deflasi,” sebut Yomin. (AGUS/B-3)

Berita Terbaru