Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karang Asem Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BNNK Kotawaringin Barat Tes Urine Belasan Sopir Bus

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Juli 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) melakukan tes urine terhadap 16 sopir dan kernet bus, Rabu, 3 Juli 2019. Hal itu sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan awak angkutan umum.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Kobar, Nevi Susanti, mengatakan, tes urine ini merupakan permintaan dari pemilik perusahaan angkutan tersebut.

"Kegiatan ini memang rutin dilakukan oleh PO tersebut. Mereka tentunya tidak ingin ada karyawannya yang terlibat penyalahgunaan narkoba," jelas Nevi.

Nantinya, hasil tes urine tersebut akan disampaikan kepada jajaran pimpinan PO tersebut.

"Bila ada di antara awak bus yang diketahui positif narkoba, tentunya akan menjalani rehabilitasi. Kecuali bila yang bersangkutan diketahui ada keterkaitan dengan bisnis atau pengedar narkoba, maka akan ada sanksi hukum," kata Nevi.

Sementara itu, Yudi, pemilik salah satu PO di Kabupaten Kobar menjelaskan tujuan pihaknya menggandeng BNNK Kobar untuk melakukan tes urine pada awak bus.

"Memang beberapa kali awak bus kami menjalani tes urine, kemarin menjelang lebaran dan posko angkutan lebaran yang berada di jalan. Namun kami tetap antisipasi siapa tahu ada diantara sopir kami yang terlewat dalam pemeriksaan itu," kata Yudie.

"Jadi awak bus yang bertugas benar- benar layak dalam mengemudikan demi keselamatan penumpang," kata Yudie. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru