Bantu Penanganan Karhutla, DPKP Tetap Siaga Kebakaran Permukiman

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 Juli 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Meski sebagian personel disiagakan untuk membekap kebakaran hutan dan lahan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya tetap siaga kebakaran permukiman.

“Selain memberikan bantuan penanganan kebakaran hutan dan lahan, kami juga akan menjaga daerah-daerah permukiman,” kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran DPKP Palangka Raya, Walter, Rabu, 3 Juli 2019.

Pasalnya, kebakaran di kawasan permukiman tidak bisa ditebak. Apalagi dengan adanya beberapa permukiman padat yang berbahaya di musim kemarau.

Bahkan ada beberapa daerah hutan terbakar dekat permukiman masyarakat. Misalnya seperti daerah lingkar luar, Kelurahan Kalampangan dan kawasan arah Tangkiling yang bisa saja berpotensi kebakaran.

“Daerah permukiman di Jalan Tjilik Riwut, Km 10 atau 11, juga harus mendapatkan pengawasan ekstra ketat agar tidak tersulut api dari kebakarah hutan dan lahan,” sebutnya.

Ia mengakui kultur tanah Kota Palangka Raya yang sebagian besar gambut membuat upaya pemadaman kebakaran terkadang lebih susah. Sehingga yang dekat dengan kawasan permukiman perlu lebih dijaga. (HERMAWAN DP/B-3)

Berita Terbaru