Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Geliat Kebersihan Warga Desa Ipu Terkendala Kurangnya Tempat Sampah

  • Oleh Ramadani
  • 03 Juli 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Warga Desa Ipu, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, sedang giat-giatnya membersihkan lingkungan. Namun, geliat warga terkendala dengan kurangnya tempat atau tong sampah.

Plt Sekretaris Desa Ipu Rudiano mengatakan, pemerintah desa bersama warga saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan gerakan kebersihan di setiap lingkungan RT.

“Dalam gerakan kebersihan ini, Desa Ipu masih kekurang tempat penampungan sampah,” kata Radiano, Rabu, 3 Juli 2019.

Gerakan kebersihan lingkungan ini dilakukan pemerintah desa besama warga selama beberapa tahun terakhir dengan pengadaan kendaraan pengangkut dan tong sampah melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Dikatakannya, Pemdes Ipu sudah mengadakan musyawarah desa  membahas masalah insentif pengurus dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) yang akan langsung mengelola permasalahan sampah, sekaligus membawa sampah tersebut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Saat ini Pemdes Ipu sudah menentukan jadwal bagi pengurus LPMD mengumpulkan sampah satu minggu sekali dan langsung  membuangnya ke TPA menggunakan kendaraan roda tiga,” katanya.

Petugas pengangkut sampah di Desa Ipu, Warselo, mengatakan pihaknya masih kekuangan tong sampah yang ditempatkan pada setiap RT. Idealnya, satu RT memiliki lebih dari enam tong sampah.

“Saat ini hanya ada 19 tong sampah yang ada di Ipu Atas, 11 tong sampah Ipu Bawah, dan itu masih banyak kekurangannya. Untuk RT I dan  RT II tong sampah berjumlah 11 buah, RT III  lima tong sampah,  RT IV tujuh tong sampah, dan RT V delapan tong sampah. Kita masih kekurangan 11 tong sampah lagi,” kata Warselo.

Ia berharap, Pemerintah Desa Ipu bisa menambah jumlah tong sampah yang ada. “Jadi kalau tong sampah ini banyak dan ditempatkan pada tempatnya, warga bisa membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan dan tidak membuang sampah ke sungai,” kata Warselo.(RAMADANI/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru