SSMS Berikan Bantuan Material Program Jamban Sehat ke Warga Kelurahan Raja Seberang

  • Oleh Ainun Nadzifatus Sholikhah
  • 03 Juli 2019 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS memberikan bantuan material yaitu 35 sak semen. Bantuan tersebut diberikan kepada warga Kelurahan Raja Seberang, Pangkalan Bun.

Bantuan ini merupakan bagian dari program “Jamban Sehat”, salah satu program pemberdayaan SSMS melalui Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Serah terima bantuan tersebut diwakilkan oleh tim CSR PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk yang diserahkan secara simbolis kepada  ketua kelurahan raja seberang, Rusdiansyah.

Rusdiansyah mewakili para penerima bantuan tersebut mengucapkan terimakasih kepada perusahaan melalui tim CSR yang ada di sana.

“Terimakasih atas bantuan dan kepeduliannya kepada warga kami, semoga perusahaan bisa lebih sukses lagi ke depannya,” ucapnya pada Rabu (3/7/2019).

Ia menambahkan, bahwa bantuan ini diberikan kepada tujuh kepala keluarga di kelurahan ini. Karena ketujuh kepala keluarga inilah yang telah siap untuk membangun toilet di rumah mereka. Mereka juga terlihat antusias karena tidak perlu lagi kesusahan pergi ke sungai untuk buang air besar.

“Ada tujuh kepala keluarga yang sudah siap dengan program ini. Mereka juga sangat senang, karena tidak perlu lagi repot-repot tengah malam buang air besar ke sungai. Hal ini juga tentu akan menjadi budaya baru yang baik bagi warga kami,” jelasnya.

Ketua kelurahan siaga ini berharap bahwa program seperti ini dapat terus berlanjut. 

“Masih banyak warga yang harus disadarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan tidak buang air besar di sungai. Oleh karena itu, kami berharap program ini akan terus berlangsung,” ucapnya.

“Selain karena sudah membudaya, masyarakat merasa memiliki keterbatasan ekonomi untuk membangun toilet dirumah mereka. Sehingga lebih memilih untuk menggunakan jamban umum seadanya di pinggir sungai,” tambahnya.

Oleh karena itu, CSR bekerjasama dengan Puskesmas dan Koramil Arut Selatan membantu kelurahan ini membangun Jamban Sehat (toilet) di rumah warga.

Dihubungi terpisah, Kepala Departemen CSR Kharis Nuryanto mengatakan “Program ini sudah dimulai sejak tahun 2016. Kami berharap program ini dapat sukses dan mengentaskan seluruh warga di bantaran Sungai Arut agar bisa memiliki toilet dirumah masing-masing.” (AINUN)

Berita Terbaru