Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan Terjadi di Kotawaringin Timur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Juli 2019 - 22:28 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hujan yang tidak kunjung turun dalam sepekan terakhir menyebabkan kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kali ini, kebakaran terjadi Jalan MT Haryono, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Luas lahan yang terbakar 60 x 25 meter persegi.

"Tadi sore kebakaran lahan kembali terjadi, dengan luasan sekitar 60 x2 5 meter persegi," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel, Rabu, 3 Juli 2019. 

Hingga berita ini ditayangkan, belum diketahui identitas pemilik lahan. Namun api sudah berhasil dipadamkan oleh Tim Satgas Karhutla.

Satgas Karhutla menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran, 3 unit motor pemadam, lima orang petugas Damkar, 3 orang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan sejumlah anggota Polres, serta TNI. 

"Saat ini api sudah dipadamkan, namun masih ada sedikit asap di lokasi kejadian," kata Rihel. 

Kondisi lahan tersebut semak pakis. Dengan keadaan yang cukup kering. Sehingga membuat api dengan cepat membesar dan membakar lahan. Namun, para petugas dengan cepat melakukan penanganan sehingga api berhasil dipadamkan. 

Lebakaran lahan tersebut diduga kuat sengaja dilakukan oleh pemiliknya. Hanya, untuk kepastian masih dalam penyelidikan aparat Polres Kotim. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru