Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Desa Bengahon Gunakan Solar Sel

  • Oleh Ramadani
  • 03 Juli 2019 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Desa Bengahon, Kecamatan Lahei, sampai saat ini belum dapat menikmati aliran listrik dari PLN.

Namun, pemerintah desa mencoba berinisiatif dengan membangunan penerangan menggunakan solar sel.

Menurut Kepala Desa Bengahon, Everiady, penerangan menggunakan solar sel diterapkan di sepanjang jalan desa. “Namun untuk rumah,  warga menggunakan litrik dari genset dan solar sel,” jelasnya.

Menurut Everiady, Bengahon merupakan desa yang masuk dalam ring I PLTMG Bangkanai milik PLN, yang menyuplai listrik ke Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Oleh sebab itu, ia berharap PLN dapat segera memasang jaringan listrik di desa itu. Menurutnya, keberadaan listri dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Menanggapi hal itu, Manajer PLN ULP Muara Teweh Gustiadi Fathur Rahmandi, Rabu, 3 Juli 2019, mengatakan bahwa pemasangan jaringan listrik ke desa di Kecamatan Lahei telah diprogramkan pada 2020.

“Kendala saat ini yakni akses jalan untuk pengangkutan material serta lahan untuk pemasangan tiang,” katanya.

Namun, percepatan pemasangan jaringan bisa dilakukan dengan syarat akses jalan yang memadai untuk pengangkutan material serta tidak ada kendala dalam hal pembebasan lahan.

“Jadi pemasangan jaringan di beberapa desa di Kecamatan Lahei dapat dipercepat asal beberapa syarat tersebut telah di penuhi. Seperti contoh yakni Kecamatan Gunung Timang yang sudah menikmai jaringan listrik interkoneksi seperti di ibu kota kabupaten,” pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru