Keterbukaan Layanan Informasi Publik Bantu Masyarakat Ketahui Informasi Pemerintah

  • Oleh Syahriansyah
  • 04 Juli 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - UU Nomor 14 Tahun 2018 menjadi pedoman dasar bagi setiap Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi (PPID), dalam kepatuhan badan publik terhadap pelaksaan pelayanan keterbukaan informasi publik.

Ketua Tim Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten DAS Barito, Setni Betlina, mengatakan keterbukaan layanan informasi publik sangatlah penting. Karena, memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi dari pemerintah daerah.

Hal itu mengemuka pada monitoring dan evaluasi Komisi Informasi Kalteng terhadap PPID di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Murung Raya, Kamis, 4 Juli 2019.

"Keterbukaan yang tertera pada undang-undang wajib untuk dilaksanakan. Dengan transparansi kepada masyarakat luas, dengan kata lain kalau kita bersih kenapa harus risih. Tergantung pada pemberian informasi publik yang diberikan harus ada pertanggungjawaban dan data yang jelas," kata dia.

Adanya keterbukaan layanan informasi publik apa saja yang dilakukan oleh Pemda, diharapkan bisa dibagikan melalui layanan informasi publik.

Melalui layanan informasi publik, masyarakat bisa mengakses langsung pencapaian pemkab. Baik itu anggaran maupun kegiatan serta pengumuman lainnya.

"Semua bisa diakses melalui website yang dibuat pemkab. Apabila masyarakat ingin mengatahui kegiatan pemerintah. Sehingga, pemda juga harus aktif dalam memberikan infomasi melalui portal website pemerintah," pungkas Satni Betlina. (RIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru