Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Sukamara Sarankan Tikar Purun Disewakan ke Pengunjung Pantai

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Juli 2019 - 15:12 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi menyarankan agar tikar purun hasil kerajinan tangan lansia disewakan ke pengunjung pantai. Selain itu, juga perlu ada upaya pemasaran.

"Pengrajin purun kita ini banyak. Tapi, karena tidak ada tempat pemasarannya, seiring waktu pengrajin purun ini mulai menghilang," kata Ahmadi, Kamis, 4 Juli 2019.

Ahmadi menyarankan, agar hasil kerajinan tersebut bisa dijual di wilayah pesisir. Terutama desa di sekitar kawasan wisata, mengingat tikar tersebut bisa disewakan atau dijual kepada pengunjung.

"Tikar purun ini apabila disewakan Rp 2.000 saja. Apabila pengunjung ramai, bisa ribuan yang menyewa. Tentunya akan menghasilkan pendapatan," kata Ahmadi.

Wakil Bupati Sukamara melanjutkan, hal-hal kecil tersebut harus menjadi pemikiran bersama. Sehingga kerajinan tangan yang sudah dilakukan sejak turun menurun tersebut tidak menghilang dengan alasan pemasaran.

"Hal-hal kecil ini menjadi pemikirkan kita, terutama untuk pemasukan daerah. Saya lihat di kota-kota besar itu juga seperti itu, bahkan biaya sewanya lebih mahal," ujarnya.

"Apabila ini dijalankan, para lansia kita ada pekerjaan. Dan desa yang ada disekitar destinasi juga mendapat manfaat ekonominya," pungkas Ahmadi. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru