Bupati Pulang Pisau Hadiri Focus Group Discussion Pemenuhan Kebutuhan Energi di Kalimantan

  • Oleh James Donny
  • 04 Juli 2019 - 17:22 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Pemenuhan Kebutuhan Energi di Kalimantan di Hotel Grand Zuri BSD City, Serpong, Kamis, 4 Juli 2019.

Diskusi ini juga terkait rencana pemindahan ibukota pemerintahan Republik Indonesia ke Kalimantan.

"Kepala BPH Migas saat membuka kegiatan mengatakan FGD ini salah satunya membahas berapa besar kebutuhan demand gas bumi dengan rencana pemindahan ibukota di Kalimantan," katanya. 

Adapun manfaat oengembangan gas bumi di Kalimantan yakni tercapainya ketahanan dan kedaulatan energi nasional sehingga roda perekonomian berjalan dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

Kemudian membantu pemerintah dalam pemenuhan energi dan pemanfaatan gas bumi dalam negeri sesuai dengan rencana induk jaringan transmisi dan distribusi gas bumi nasional.

Lebih lanjut menyambungkan jaringan pipa gas bumi wilayah Kalimantan dan memenuhi kebutuhan gas bumi disektor industri, pembangkit listrik hingga kebutuhan jaringan gas rumah tangga dan komersial di Kalimantan.

Kepala Bappenas mengatakan alasan pemindahan ibukota pemerintahan RI salah satunya untuk mengurangi beban ekologis Pulau Jawa.

Kemudian membangun Indonesia yang adil merata dan ke depan mampu tumbuh secara berkelanjutan serta pembangunan yang lebih terencana dan berkualitas. 

Bupati mengatakan Bappenas terus mengkaji 2 wilayah yg akan dijadikan ibukota pemerintahan yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Hadir dalam FGD ini Bupati Gunung Mas, Bupati Katingan, Bupati Barito Timur, Bupati Kobar, Bupati Lamandau, dan Bupati Murung Raya. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru