Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah 2 Pekan Wilayah Katingan Tidak Diguyur Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Juli 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah dua pekan lamanya wilayah Kabupaten Katingan tidak lagi diguyur hujan.

Meski begitu, cuaca di kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Kotim ini tidak terlalu menyengat.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama, Kamis, 4 Juli 2019 menuturkan bahwa tidak adanya hujan dalam dua pekan terakhir ini sesuai prakiraan pihak BMKG Kalteng musim kemarau tahun ini dimulai awal Juli.

Namun hingga saat ini wilayah Katingan masih dikatakan aman dari kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Pihaknya sudah mengantisipasi datangnya musim kemarau tahun ini. Selain telah membentuk masyarakat serbu api disemua desa, BPBD Katingan juga telah menyiapkan peralatan jika suatu saat ada kebakaran lahan dan hutan.

"BPBD punya peralatan untuk melakukan pemadaman, tapi peralatan yang ada juga tidak 100 persen bisa mempu memadamkan seluruh masalah kebakaran," ujarnya.

Pasalnya, peralatan yang ada seperti mobil pemadam, mobil penyemprot, alat penyemprot gendong dan mesin penyemprot por tebel, itu dinilai tidak mampu memadamkan kebakaran lahan gambut terutama areal yang sulit dijangkau.

"Misalnya kebakarannya di tengah hutan, tidak mungkin mobil bisa mendekat, terus alat semprot gendong kapasitasnya hanya 15 liter air, sementara saat musim kemarau biasanya sumber air terbatas," katanya.

Untuk itu sebelum terjadi kebakaran hutan dan lahan, ia mengimbau kepada lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga agar wilayahnya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan itu. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru