Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Titik Api di Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 04 Juli 2019 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metorologi Iskandar Kotawaringin Barat tidak ada titik api atau hot spot.

Prakirawan BMKG, Nikadek Trisna mengatakan berdasarkan hasil pantauan saat ini wilayah Kotawaringin Barat aman tidak ada titik api.

"Kalau ada titik api, maka satelit akan mendeteksinya dan di layar pantau nampak tanda merah, dengan skor kepercayaan 80 persen - 100 persen," ujarnya, Kamis, 4 Juli 2019.

Detailnya untuk hot spot tidak ada perkiraan. Jadi hot spot itu pantauan pada hari yang sama, tidak bisa kemudian diperkirakan beberapa hari ke depan.

Pada 3 Juli 2019, BMKG menampilkan gambaran data potensi kemudahan terjadinnya kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca, yang belaku untuk wilayah Indonesia.

Beberapa daerah di Indonesia masuk potensi dangat mudah terjadi kebakaran dan salah satunya di wilayah Kalteng.

"Satelit itu memantau kebawah tetapi tidak mengetahui itu panas api atau panas benda lain. Kemudian yang benar - benar dapat dipercaya itu api ketika skor hotspotnya 81 persen - 100 persen dan berwarna merah," ungkapnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru