Dinas Pertanian Seruyan Gelar Bimtek Pengendalian Penyakit Pisang

  • Oleh Reno
  • 04 Juli 2019 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan menggelar bimbingam teknis atau bimtek pengendalian penyakit pisang bagi petani di wilayah Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kamis, 4 Juli 2019.

Bimtek kali ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pengendalian penyakit pisang dan cara mengatasinya.

Dalam dua tahun terkahir ini tanaman pisang kepok di Desa Bangun Harja gagal panen karena terserang virus atau penyakit piasang berjenis layu fusarium.

Kepala Dinas Ketahanan Pengan dan Pertanian Kabupaten Seruyan Sugian Noor menuturkan, bimtek tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan.

"Kali ini bimtek untuk menanggulangi masalah serangan penyakit dan ke depannya berkaitan dengan cara memperbanyak bakteri antagonis atau cara membuat obat jika terserang penyakit kembali," kata Sugian Noor seusai bimtek.

Ia berharap, para petani pisang dapat menerima semua ilmu yang telah diberikan saat bimtek dan mampu menerapkannya di lapangan. Sehingga ke depannya pisang kepok yang menjadi salah satu komiditi unggulan di Desa Bangun Harja dapat berkembang kembali dan menghasilkan. (RENO/B-3)

Berita Terbaru