Pemerintah Bahas Kebutuhan Energi Rencana Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan ke Kalimantan

  • Oleh Reno
  • 05 Juli 2019 - 08:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sekda Seruyan Haryono menghadiri Focus Group Discussion pemenuhan kebutuhan energi di Kalimantan, dalam rangka wacana pemindahan ibu kota pemerintahan RI, yang diselenggarakan BPH Migas, di Jakarta, Kamis 4 Juli 2019.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam kegiatan itu. Salah satunya mengidentifikasi perkiraan kebutuhan gas bumi terkait dengan rencana pemindahan pusat pemerintahan Indonesia ke Kalimantan.

Saat ini, kajian rencana pemindahan yang dilakukan Bappenas sudah mencapai 90 persen. Dan dipastikan ibu kota terpilih berada di Kalimantan.

Berdasarkan Neraca Gas Bumi Indonesia 2018 - 2027, potensi pengembangan sumber gas wilayah Kalimantan masih amat besar. Pasokan gas bumi di wilayah Kalimantan pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 2.609,49 MMSCFD.

Sedangkan kebutuhan gas bumi di wilayah Kalimantan pada tahun 2018 yang lalu hanya sebesar 622,51 MMSCFD.

"FGD ini untuk memperoleh gambaran kebutuhan riil energi, khususnya gas bumi di Pulau Kalimantan dan perkiraan kebutuhan terkait rencana perpindahan pusat pemerintahan ke Kalimantan," kata Sekda Seruyan, Haryono, saat dikonfirmasi, Jumat, 5 Juli 2019. (RENO/B-11)

Berita Terbaru