Pemkab Kotim Upayakan Perlengkapan Sekolah Gratis Bagi Siswa SD dan SMP

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Juli 2019 - 13:14 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengupayakan perlengkapan sekolah gratis bagi siswa kurang mampu baik yang duduk Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada pembahasan anggaran perubahan 2019 ini.

"Untuk sementara, kami utamakan yang kurang mampu dulu. Jika nantinya dana yang dianggarkan mencukupi, baru merealisasikan untuk seluruh pelajar SD dan SMP di daerah ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi, Jumat, 5 Juli 2019.

Saat ini pihaknya masih menyusun peraturan bupati terkait dengan bantuan tersebut. Rapat juga sudah dilakukan sehingga nantinya akan dikonsultasikan kembali ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan ataupun pelanggaran hukum. "Mudah-mudahan pada anggaran perubahan nantinya, dana yang dibutuhkan bisa terealisasi," kata Suparmadi. 

Hal itu dilakukan, karena saat ini masih banyak program lain yang juga menjadi prioritas. Sehingga dana perubahan yang tersedia harus dibagi, untuk dapat menjalankan sejumlah program di daerah ini.

"Jadi yang kami utamakan untuk yang tidak mampu dulu. Sedangkan bantuan untuk seluruh siswa SD dan SMP direncanakan lagi pada 2020, mudah-mudahan bisa terealisasi," terang Suparmadi.

Sementara itu, untuk jumlah siswa tidak mampu di Kotim yang belum masuk pada Program Indonesia Pintar sekitar 6.000 orang siswa SD. Sedangkan Sekolah Menengah Pertama 2.000 orang. Namun pihak Dinas Pendidikan masih melakukan pendataan ulang, karena data tersebut belum valid. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru