Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Pisang Bangun Harja Beralih Tanam Gembili

  • Oleh Reno
  • 05 Juli 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Selama dua tahun terakhir ini petani pisang kepok di Desa Bangun Harja, Kecamatan Seruyan Hilir Timur gagal panen, karena hama penyakit menyerang tanaman pisang.

Untuk mengisi waktu selama masa penangan penyakit pisang, kini para petani beralih bertanam gembili. Selebihnya bertanam sayuran.

"Warga kita yang mayoritas sebagai petani pisang kini beralih ke tanaman gembili. Karena pisang sebagai komuditi andalan tidak bisa diandalkan lagi, karena maha penyakit yang meyerang buah pisang," jelas Kepala Desa Bangun, Harja Mahmud Hasani, Jumat 5 Juli 2019.

Sebelum diserang penyakit, petani pisang kepok di Bangun Harja lebih sejahtera. Apalagi dengan luas lahan secara keseluruhan sebesar 650 hektare kebun pisang milik petani Bangun Harja.

"Sekarang mengandalkan gembili. Kalau gembili satu bulanya mampu produksi 50 ton. Itu dijual ke Palangka Raya, Kapuas dan Banjarmasin, karena di desa juga ada pengepulnya," terang nya.

Mahmud melanjutkan saat ini telah diberikan bimbingan teknis oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan terkait dengan penangan penyakit pisang kepada petani di Bangun Harja. (RENO/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru