Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Transaksi Non Tunai Bisa Tekan Tindak Korupsi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Juli 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Asisten III Sekertariat Daerah Kota Palangka Raya, Kandarani menilai penggunaan transaksi non tunai atau cashless bisa menekan potensi tindak korupsi.

“Transaksi non tunai bisa mencegah potensi permainan dalam dunia keuangan. Berbagai macam kecurangan dapat dicegah,” ucao Kandarani di aula Peteng Karuhei II, Jumat, 5 Juli 2019.

Sementara itu Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya, Yoneli mengatakan sistem cashless saat ini sudah mulai diaplikasikan. 

Terutama dipembayaran gaji pegawai dana berbagai tunjangan yang sudah langsung ke nomor rekening pegawai yang bersangkutan.

Dia berencana kedepan seluruh transaksi dilakukan secara non tunai. Baik itu pembelian kebutuhan dinas, dana perjalanan, maupun transaksi lainnya yang biasanya dilakukan secara tunai.

“Ke depan semuanya non tunai. Non tunai optimal menekan potensi kecurangan karena tidak ada pertemuan face to face. Semuanya hanya melalui pengiriman elektronik sesuai dengan rencana anggaran biaya,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru